Meskipun bisa dibilang untuk proses pengakuan sekolah gampang-gampang susah, namun kali ini akan mencoba menguraikan semua Bukti Fisik yang harus dibentuk dan dilengkapi terutama untuk Standar Isi dimulai dari Instrumen nomor 1 hingga dengan 10 sesuai dengan Juknis Akreditasi Terbaru 2018 dari BAN-SM melalui Aplikasi SISPENA.
Perangkat pembelajaran terdiri atas:
Dokumen:
RPP Kelas 1 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
Tema Diri Sendiri
RPP TEMA 1 ST 1 PB 1
RPP TEMA 1 ST 1 PB 2
RPP TEMA 1 ST 1 PB 3
RPP TEMA 1 ST 1 PB 4
RPP TEMA 1 ST 1 PB 5
RPP TEMA 1 ST 1 PB 6
RPP TEMA 1 ST 2 PB 1
RPP TEMA 1 ST 2 PB 2
RPP TEMA 1 ST 2 PB 3
RPP TEMA 1 ST 2 PB 4
RPP TEMA 1 ST 2 PB 5
RPP TEMA 1 ST 2 PB 6
Cara Download di KLIK DISINI
RPP TEMA 3 ST 1 PB 5
RPP TEMA 3 ST 1 PB 6
RPP TEMA 3 ST 2 PB 1
RPP TEMA 3 ST 2 PB 2
RPP TEMA 3 ST 2 PB 2
RPP TEMA 3 ST 2 PB 4
RPP TEMA 3 ST 2 PB 6
RPP TEMA 3 ST 2 PB 3
RPP TEMA 3 ST 3 PB 1
RPP TEMA 3 ST 3 PB 2
RPP TEMA 3 ST 3 PB 3
RPP TEMA 3 ST 3 PB 4
RPP TEMA 3 ST 3 PB 5
RPP TEMA 3 ST 3 PB 6
RPP TEMA 3 ST 4 PB 1
RPP TEMA 3 ST 4 PB 2
RPP TEMA 3 ST 4 PB 3
RPP TEMA 3 ST 4 PB 4
RPP TEMA 3 ST 4 PB 5
RPP TEMA 3 ST 4 PB 6
RPP Kelas 2 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi
Tema 1 Hidup Rukun
Tema Aku dan Sekolahku (sementara belum Ada)
Tema Hidup Bersih dan Sehat ( Tema 4)
RPP Kelas 3 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi
Tema 1 Organ Gerak Hewan Dan Manusia Sub Tema : Organ Gerak Hewan (Sub Tema 1)
RPP PJOK Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Lengkap
RPP Kelas 2 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi
Silabus Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi DOWNLOAD
Silabus Kelas 1 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Silabus Kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku Siswa
Buku Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 2
Buku Guru
Kelas 5 SD K13 Revisi Terbaru
Jawaban untuk Dokumen Point 2 hingga 5
Program Kerja PMR Download
Program Kerja Gugus SD DOWNLOAD
Perangkat pembelajaran terdiri atas:
Hasil kegiatan pengembangan perangkat pembelajaran kompetensi pengetahuan meliputi:
Hasil kegiatan pengembangan perangkat pembelajaran kompetensi keterampilan meliputi:
Dibuktikan dengan Dokumen:
Instrumen Nomor 1 : Guru berbagi perangkat pembelajaran pada kompetensi sikap spiritual siswa sesuai dengan tingkat kompetensi?Rumusan kompetensi sikap spiritual ialah menerima, menjalankan, dan menghargai pedoman agama yang dianutnya. Kompetensi tersebut sanggup dicapai melalui pembelajaran pribadi dan tidak pribadi (indirect teaching), berupa keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah/ madrasah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Perangkat pembelajaran terdiri atas:
- Program tahunan dan kegiatan semester
- Silabus
- RPP
- Buku guru dan buku siswa
- Alat penilaian dan buku nilai (Sikap spiritual siswa diamati dan dicatat guru kelas dan guru mata pelajaran).
Dokumen:
- Perangkat pembelajaran yang disusun guru sesuai dengan tingkat kompetensi pada kompetensi sikap spiritual di SD/MI
- Hasil kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di KKG ihwal kompetensi sikap spiritual siswa/Penguatan Pendidikan Karakter siswa.
- Rancangan dan hasil penilaian sikap spiritual, berupa jurnal penilaian, dokumen observasi, penilaian diri, dan penilaian antar teman.
- Program kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler berupa kegiatan Keagamaan, misalnya: pesantren kilat, ceramah keagamaan, baca tulis al-Quran, retreat, atau kegiatan lainnya.
- Wawancara dengan guru kelas/mata pelajaran
Dibawah ini kami bagikan Bukti Fisik untuk menjawab Instrumen Akreditasi SD/MI Standar Isi yang bisa dipilih pribadi sesuai dengan kebutuhan.
Jawaban untuk Bukti Dokumen nomor 1 berikut ini :
Perangkat Pembelajaran SD/MI Kurikulum 2013 Kelas 1 s.d 6 Lengkap DOWNLOAD
Jawaban untuk Bukti Dokumen nomor 1 berikut ini :
Perangkat Pembelajaran SD/MI Kurikulum 2013 Kelas 1 s.d 6 Lengkap DOWNLOAD
Tema Diri Sendiri
RPP TEMA 1 ST 1 PB 1
RPP TEMA 1 ST 1 PB 2
RPP TEMA 1 ST 1 PB 3
RPP TEMA 1 ST 1 PB 4
RPP TEMA 1 ST 1 PB 5
RPP TEMA 1 ST 1 PB 6
RPP TEMA 1 ST 2 PB 1
RPP TEMA 1 ST 2 PB 2
RPP TEMA 1 ST 2 PB 3
RPP TEMA 1 ST 2 PB 4
RPP TEMA 1 ST 2 PB 5
RPP TEMA 1 ST 2 PB 6
Cara Download di KLIK DISINI
RPP TEMA 3 ST 1 PB 5
RPP TEMA 3 ST 1 PB 6
RPP TEMA 3 ST 2 PB 1
RPP TEMA 3 ST 2 PB 2
RPP TEMA 3 ST 2 PB 2
RPP TEMA 3 ST 2 PB 4
RPP TEMA 3 ST 2 PB 6
RPP TEMA 3 ST 2 PB 3
RPP TEMA 3 ST 3 PB 1
RPP TEMA 3 ST 3 PB 2
RPP TEMA 3 ST 3 PB 3
RPP TEMA 3 ST 3 PB 4
RPP TEMA 3 ST 3 PB 5
RPP TEMA 3 ST 3 PB 6
RPP TEMA 3 ST 4 PB 1
RPP TEMA 3 ST 4 PB 2
RPP TEMA 3 ST 4 PB 3
RPP TEMA 3 ST 4 PB 4
RPP TEMA 3 ST 4 PB 5
RPP TEMA 3 ST 4 PB 6
Subtema 1
Subtema 2
Subtema 3
Tema 2 Bermain di Lingkunganku
Tema Hidup Bersih dan Sehat ( Tema 4)
RPP Kelas 3 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi
- Tema 1 Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
- Tema 2 Perkembangan Teknologi
- Tema 3 Perubahan Alam
- Tema 4 Peduli Lingkungan Sosial
Tema 1 Organ Gerak Hewan Dan Manusia Sub Tema : Organ Gerak Hewan (Sub Tema 1)
TEMA 2 KELAS 5 Udara Bersih Bagi Kesehatan
TEMA 3 MAKANAN SEHAT
RPP Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018
TEMA 3 MAKANAN SEHAT
RPP Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018
RPP PJOK Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2017
- Download : RPP Variasi Pola Gerak Dominan Senam Lantai
- Download : RPP Variasi Pola Gerak Dasar Gerak Berirama
- Download : RPP Gerak Dasar Aktivitas Air
- Download : RPP Manfaat Pemanasan dan Pendinginan Aktivitas Fisik
- Download : RPP Menjaga Kebersihan Lingkungan
- RPP PJOK KELAS 1 SD K13 Revisi tahun 2017
- Silabus PJOK Kelas 1 SD K13 Revisi 2017
- Prosem PJOK
- Jurnal Harian PJOK Kurikulum 2013 Kelas 1 SD
- Tema 5 Pengalamanku
- Tema 6 Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
- Tema 7 Benda dan binatang di sekitarku
- Tema 8 Peristiwa Alam
- Aplikasi Analisis PH
- RPP PJOK Kelas 5 SD K13 Revisi Semester 2 Tema 6 DOWNLOAD
- RPP PJOK Kelas 5 SD K13 Revisi Semester 2 Tema 7 DOWNLOAD
- RPP PJOK Kelas 5 SD K13 Revisi Semester 2 Tema 8 DOWNLOAD
- RPP PJOK Kelas 5 SD K13 Revisi Semester 2 Tema 9 DOWNLOAD
- RPP PJOK K13 SMT 2 TEMA 5
- RPP PJOK K13 SMT 2 TEMA 6
- RPP PJOK K13 SMT 2 TEMA 7
- RPP PJOK K13 SMT 2 TEMA 8
- RPP PJOK K13 SMT 2 TEMA 9
- RPP Kelas 4 K13 Revisi Tema 6 Cita-citaku
- Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku
- Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku
- Tema 9 Kayanya Negeriku
- 1.1 RPP Mate St Data dan Diagram.doc
- 1.2 RPP Mate St Membuat Data dan Diagram.doc
- 1.3 RPP Mate St Mengumpulkan Data.doc
- 1.5 RPP Mate St Ujian.doc
- 1.4 RPP Mate St Menyajikan data dan Presentasi.doc
- 2.1 RPP Mate St Faktor angka 1-10.doc
- 2.2 RPP Mate St Faktor angka 10 – 30.doc
- 2.3 RPP Mate St Faktor Persekutuan.doc
- 2.4 RPP Mate St Kelipatan.doc
- 2.5 RPP Mate St Kelipatan angka 5 hingga 9.doc
- 2.6 RPP Mate St Kelipatan Persekutuan.doc
- 2.7 RPP Mate St Ujian.doc
- 3.3 RPP Mate St Ujian.doc
- 4.4 RPP Mate St KPK 2 Bilangan.doc
- 3.1 RPP Mate St Bilangan Prima.doc
- 4.7 RPP Mate St FPB 3 Bilangan.doc
- 4.2 RPP Mate St FPB 2 Bilangan.doc
- 4.1 RPP Mate St FPB.doc
- 4.3 RPP Mate St KPK.doc
- 3.2 RPP Mate St Faktor Prima dan Faktorisasi Prima.doc
- 4.9 RPP Mate St Ujian Harian.doc
- 5.8 RPP Mate St Ujian.doc
- 4.5 RPP Mate St Implementasi (FPB).doc
- 6.7 RPP Mate St Ujian.doc
- 4.8 RPP Mate St KPK 3 Bilangan.doc
- 6.1 RPP Mate St Pecahan Biasa.doc
- 5.2 RPP Mate St Pengukuran Panjang.doc
- 6.3 RPP Mate St Desimal.doc
- 4.6 RPP Mate St Implementasi (KPK).doc
- 5.4 RPP Mate St Pengukuran panjang dan pembulatan.doc
- 6.2 RPP Mate St Pecahan Campuran.doc
- RPP Matematika Tema FPB dan KPK.doc
- RPP Matematika Tema Bilangan Prima.doc
- 5.3 RPP Mate St Pengukuran Berat.doc
- 5.5 RPP Mate St Pengukuran Berat.doc
- 5.1 RPP Mate St Pembulatan.doc
- 5.6 RPP Mate St Pengukuran Berat 1.doc
- 5.7 RPP Mate St Pengukuran Berat 2.doc
- 6.4 RPP Mate St Operasi Persen.doc
- 6.5 RPP Mate St Mengubah Pecahan.doc
- 6.6 RPP Mate St Bereksplorasi Penj dan Pengurangan.doc
- Tema 5 Pengalamanku
- Tema 6 Merawat Hewan dan Tumbuhan
- Tema 7 Kebersamaan
- Tema 8 Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan
- PROSEM dan PROTA
- Silabus
- Bilangan berpangkat
- Akar pangkat dua
- Akar pangkat tiga
- Operasi Bilangan Pangkat dan Akar
- Bilangan Berpangkat dan Akar Pangkat 1
- Bilangan Berpangkat dan Akar Pangkat evaluasi
- Pemetaan KD Kelas 5 Kurikulum 2013
- Desimal (Download)
- Bereksplorasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan (Download)
- Membandingkan dan Mengurutkan Pecahan (Download)
- Mengubah Pecahan (Download)
- Operasi Persen (Download)
- Pecahan Biasa (Download)
- Pecahan Campuran (Download)
- Pecahan Senilai (Download)
- Ujian Pecahan (Download)
Silabus Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi DOWNLOAD
Silabus Kelas 1 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017
- Silabus Kelas 1 Semester 2 K13 Revisi Tema 5 Pengalamanku
- Silabus Kelas 1 Semester 2 K13 Revisi Tema 6 Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri
- Silabus Kelas 1 Semester 2 K13 Revisi Tema 7 Benda, Hewan dan tumbuhan disekitarku
- Silabus Kelas 1 Semester 2 K13 Revisi Tema 8 Peristiwa Alam
Silabus Kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017
- Silabus Tema 5 Kelas 2 Semester dua K13 Revisi
- Silabus Tema 6 Kelas 2 Semester dua K13 Revisi
- Silabus Tema 7 Kelas 2 Semester dua K13 Revisi
- Silabus Tema 8 Kelas 2 Semester dua K13 Revisi
- Silabus Tema 6 Panas dan Perpindahannya
- Silabus Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan
- Silabus Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita
- Silabus Tema 9 Benda-Benda di sekitar kita
- Pemetaan KD
Silabus Prota dan Promes Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Buku Siswa Kelas VI
Buku Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1
Buku Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018
- Tema 1. Selamatkan Makhluk Hidup
- Tema 2. Persatuan dalam Perbedaan
- Tema 3. Tokoh dan Penemuan
- Tema 4. Globalisasi
- Tema 5. Wirausaha
Buku Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Semester 1
- Tema 1. Pertumbuhan dan Perkembangan Mahluk Hidup
- Tema 2. Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
- Tema 3. Benda di Sekitarku
- Tema 4. Kewajiban dan Hakku
- Tema 1. Pertumbuhan dan Perkembangan Mahluk Hidup
- Tema 2. Menyayangi Tumbuhan dan Hewan
- Tema 3. Benda di Sekitarku
- Tema 4. Kewajiban dan Hak ku
- Buku Siswa (BS) Pengalamanku Tema 5
- Buku Guru (BG) Pengalamanku Tema 5
- Buku Siswa (BS) Merawat Hewan dan Tumbuhan Tema 6
- Buku Guru (BG) Merawat Hewan dan Tumbuhan Tema 6
- Buku Siswa (BS) Kebersamaan Tema 7
- Buku Guru (BG) Kebersamaan Tema 7
- Buku Siswa (BS) Keselamatan di Rumah dan di PerjalananTema 8
- Buku Guru (BG) Keselamatan di Rumah dan di PerjalananTema 8
- Buku Siswa (BS) Panas dan Perpindahannya Tema 6
- Buku Guru (BG) Panas dan Perpindahannya Tema 6
- Buku Guru (BG) Peristiwa dalam Kehidupan Tema 7
- Buku Siswa (BS) Peristiwa dalam Kehidupan Tema 7
- Buku Guru (BG) Lingkungan Sahabat Kita Tema 8
- Buku Siswa (BS) Lingkungan Sahabat Kita Tema 8
- Buku Guru (BG) Benda-Benda di sekitar kita Tema 9
- Buku Siswa (BS) Benda-Benda di sekitar kita Tema 9
- Buku Guru Tema 6 Cita-citaku
- Buku Guru Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku
- Buku Guru Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku
- Buku Guru Tema 9 Kayanya Negeriku
- Buku Siswa Tema 6 Cita-citaku
- Buku Siswa Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku
- Buku Siswa Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku
- Buku Siswa Tema 9 Kayanya Negeriku
- Buku Siswa Kelas 1 Tema 5 Pengalamanku
- Buku Siswa Kelas 1 Tema 6 Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri
- Buku Siswa Kelas 1 Tema 7 Benda, Hewan dan Tanaman di sekitarku
- Buku Siswa Kelas 1 Tema 8 Peristiwa Alam
- Buku Guru Kelas 1 Tema 5 Pengalamanku edisi 2017
- Buku Guru Kelas 1 Tema 6 Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri edisi 2017
- Buku Guru Kelas 1 Tema 7 Benda, Hewan dan Tanaman di sekitarku edisi 2017
- Buku Guru Kelas 1 Tema 8 Peristiwa Alam edisi 2017
Kelas 5 SD K13 Revisi Terbaru
- Kelas V Islam BG.pdf (3.7 MB)
- Kelas V Islam BS.pdf (18.6 MB)
- Kelas V Buddha BG.pdf (3.8 MB)
- Kelas V Buddha BS.pdf
- Kelas V Kristen BS.pdf (8.3 MB)
- Kelas V Kristen BG.pdf (2.8 MB)
- Kelas V Khonghucu BS.pdf (39.0 MB)
- Kelas V Khonghucu BG.pdf (12.4 MB)
- Kelas V Kristen BS.pdf (11.3 MB)
- Kelas V Kristen BG.pdf (5.8 MB)
- Kelas V Hindu BS.pdf (47.9 MB)
- Kelas V Hindu BG.pdf (13.8 MB)
- Kelas II Islam BS.pdf (19.4 MB)
- Kelas II Islam BG.pdf (4.9 MB)
- Kelas II Buddha BG.pdf (10.8 MB)
- Kelas II Buddha BS.pdf
- Kelas II Kristen BG.pdf (11.5 MB)
- Kelas II Kristen BS.pdf (45.4 MB)
- Kelas II Khonghucu BS.pdf (16.5 MB)
- Kelas II Khonghucu BG.pdf (10.4 MB)
- Kelas II Kristen BS.pdf (59.3 MB)
- Kelas II Kristen BG.pdf (3.7 MB)
- Kelas II Hindu BS.pdf (17.9 MB)
- Kelas II Hindu BG.pdf (5.2 MB)
- Kelas I PAdB Islam BG_rev2017.pdf (5.0 MB)
- Kelas I Buddha BG_MJCrev2017.pdf (9.3 MB)
- Kelas I PAdB Kristen BG_MJCrev2017.pdf (78.8 MB)
- Kelas I Khonghucu .pdf (9 MB)
- Kelas I PAdB Kristen BGrev2017.pdf (5.3 MB)
- Kelas I Hindu BG.pdf (5.5 MB)
- PAI Kelas I PAdB Islam BS _MJCrev2017revisi.pdf (24.3 MB)
- Kelas 1 Khonghucu BS_MJCrev2017.pdf (100.1 MB)
- Kelas I PAdB Kristen BS_MJCrev2017.pdf (56.6 MB)
- Kelas I PAdB Kristen BS_MJCrev2017.pdf (38.8 MB)
- Kelas I Agama Hindu BS_rev2017.pdf (26.2 MB)
- Kelas I Buddha BS_MJCrev2017.pdf (29.9 MB)
- Kelas IV Islam BG_rev2017
- Kelas IV Buddha BG_Rev2017
- Kelas IV Hindu BG_rev2017
- Kelas IV Kristen BG_Rev2017
- Kelas IV Khonguchu BG _rev2017
- Kelas IV Kristen BG_rev2017
- Kelas IV Islam BS_rev2017
- Kelas IV Buddha BS_MJCrev2017
- Kelas IV Hindu BS_rev2017
- Kelas IV Kristen BS_MJCrev2017
- Kelas IV Khonghucu BS_MJCrev2017
- Kelas IV Kristen BS_MJC1rev2017
- BG TEMA 1
- BS TEMA 1
- BG TEMA 2.pdf (35.1 MB)
- BS TEMA 4.pdf (120.2 MB)
- BG TEMA 4.pdf (51.8 MB)
- BG TEMA 2.pdf (35.1 MB)
- BS TEMA 3.pdf (94.9 MB)
- BS TEMA 2.pdf (135.6 MB)
- BG TEMA 3.pdf (31.8 MB)
- BG TEMA 1.pdf
- BG TEMA 3
- BG TEMA 5.pdf (10.4 MB)
- BS TEMA 5.pdf (30.8 MB)
- BS TEMA 3.pdf (54.4 MB)
- BS TEMA 1
- BG TEMA 2.pdf (15.5 MB)
- BG TEMA 4.pdf (23.5 MB)
- BG TEMA 4.pdf
- BS TEMA 2.pdf (32.2 MB
Buku Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2017 Terbaru
- Kelas V Tema 1 BG.pdf (22.3 MB)
- Kelas V Tema 1 BS.pdf (54.8 MB)
- Kelas V Tema 2 BG.pdf (11.0 MB)
- Kelas V Tema 2 BS.pdf (27.9 MB)
- Kelas V Tema 3 BS.pdf (24.4 MB)
- Kelas V Tema 3 BG.pdf (18.7 MB)
- Kelas V Tema 4 BS.pdf (33.5 MB)
- Kelas V Tema 4 BG.pdf (9.7 MB)
- Kelas V Tema 5 BS.pdf (42.5 MB)
- Kelas V Tema 5 BG.pdf (22.3 MB)
Semua Perangkat Pembelajaran (Prota, Promes, Silabus, RPP) dari kelas 1 hingga 6 sudah terdapat Kompetensi Sikap Spiritual didalamnya.
Jawaban untuk Dokumen Point 2 hingga 5
Program Kerja PMR Download
Program Kerja Gugus SD DOWNLOAD
Program kerja Pesantren Kilat DOWNLOAD
Program Kerja Bimbingan dan Konseling DOWNLOAD
Kumpulan Program Kerja yang ada di Lingkungan Sekolah DOWNLOAD
Program Kerja PASKIL Menarik dan Lengkap Siap Pakai DOWNLOAD
Program Remedial dan Pengayaan DOWNLOAD
Program Kerja Ekstrakulikuler Bola Volly DOWNLOAD
Program Kerja Ekstrakulikuler Lengkap DOWNLOAD
Program Kerja Bimbingan dan Konseling DOWNLOAD
Kumpulan Program Kerja yang ada di Lingkungan Sekolah DOWNLOAD
Program Kerja PASKIL Menarik dan Lengkap Siap Pakai DOWNLOAD
Program Remedial dan Pengayaan DOWNLOAD
Program Kerja Ekstrakulikuler Bola Volly DOWNLOAD
Program Kerja Ekstrakulikuler Lengkap DOWNLOAD
Instrumen Nomor 2 : Guru berbagi perangkat pembelajaran pada kompetensi sikap sosial siswa sesuai dengan tingkat kompetensi
Rumusan kompetensi sikap sosial, yaitu menghayati dan mengamalkan perilaku: (a) jujur; (b) disiplin; (c) santun; (d) percaya diri; (e) peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai); (f) bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, tempat regional, dan tempat internasional yang sanggup dicapai melalui pembelajaran pribadi dan tidak pribadi (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah/madrasah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Perangkat pembelajaran terdiri atas:
- Program tahunan dan program
- Silabus
- RPP
- Buku guru dan buku siswa.
- Alat penilaian dan buku nilai (Sikap sosial siswa diamati dan dicatat guru kelas dan guru mata pelajaran).
- Perangkat pembelajaran yang disusun guru sesuai dengan tingkat kompetensi pada kompetensi sikap sosial di SD/M
- Hasil kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di KKG ihwal kompetensi sikap sosial/atau penguatan pendidikan huruf siswa.
- Rancangan dan hasil penilaian sikap sosial, berupa jurnal penilaian, dokumen observasi, penilaian diri, dan penilaian antar teman.
- Program dan hasil kegiatan ekstrakurikuler berupa kegiatan Krida, misalnya: Kepramukaan, Palang Merah Remaja (PMR), Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), dan lainnya. Latihan olah-bakat latihan olah-minat, misalnya: pengembangan talenta olahraga, seni dan budaya dan lain-lain.
- Wawancara dengan guru kelas/mata pelajaran ihwal perangkat pembelajaran guru yang memuat ihwal pelaksanaan kompetensi sikap sosial.
Jawab :
Kompetensi Inti pengetahuan yang harus dimiliki siswa SD/MI ialah memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar denga cara mengamati, menanya, dan mencoba menurut rasa ingin tahu ihwal dirinya makhluk ciptaan Tuhan dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.- Untuk Point 1 sesuai dengan Instrumen Nomor 1 Standar Isi, Silahkan di dapatkan saja semua Perangkat Pembelajaran (Prota, Promes, Silabus, RPP) alasannya ialah didalamnya sudah memuat Kompetensi Sikap Sosial
- Point 2 : Laporan mengenai keikutsertaan dalam kegiatan PKB atau KKG dalam berbagi RPP yang memuat Sikap Sosial
- Point 3 : Hasil dari Penilaian yang dilakukan Guru berkaitan dengan penilaian sikap sosial berikut dengan instrumennya
- Point 4 : Hasil Karya Siswa dalam bidang ekstrakulikuler yang sudah pernah diikuti atau dilakukan menyerupai Photo kegiatan pramuka (berkemah), menciptakan blankar, piala kegaitan, piagam kegiatan
- point 5 : bisa dibuatkan photo kegiatan dalam pelaksanaan MGMP dalam penyusunan Perangkat pembelajaran
Instrumen Nomor 3 : Guru berbagi perangkat pembelajaran pada kompetensi pengetahuan siswa sesuai dengan tingkat kompetensi.
Hasil kegiatan pengembangan perangkat pembelajaran kompetensi pengetahuan meliputi:
- Program tahunan dan kegiatan semester.
- Silabus
- RPP
- Buku yang dipakai guru dan siswa dalam pembelajaran.
- Alat penilaian dan buku nilai untuk kompetensi pengetahuan.
- Perangkat pembelajaran guru yang disusun sesuai dengan tingkat kompetensi inti 3 (pengetahuan) dan kompetensi dasar.
- Hasil kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di KKG ihwal kompetensi pengetahuan siswa.
- Program kegiatan ekstrakurikuler berupa Kegiatan Ilmiah Remaja (KIR), kegiatan penguasaan keilmuan, kemampuan akademik, dan lainnya.
- Wawancara dengan guru kelas/mata pelajaran ihwal kompetensi inti pengetahuan dan kompetensi dasar pada setiap mata pelajaran
- Point 1 sama dengan Instrumen Standar Isi Nomor 1 Karena semua perangkat pembelajaran sudah memuat Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
- untuk Point 2 bisa dengan laporan keikutsertaan dalam KKG, MGMP Guru tentu dengan menciptakan perangkat pembelajaran yang sudah memuat kompetensi inti pengetahuan dan kompetensi dasar
- Untuk point 3 ini bisa dengan bentuk kiprah yang sudah pernah dikerjakan siswa yang berkaitan dengan ektrakulikuler pengetahuan siswa
Instrumen Nomor 4 : Guru berbagi perangkat pembelajaran pada kompetensi keterampilan siswa sesuai dengan tingkat kompetensiKompetensi Inti Keterampilan pada SD/MI ialah menawarkan keterampilan berfikir dan bertindak: (a) kreatif, (b) produktif, (c) kritis, (d) mandiri, (e) kolaboratif, dan (f) komunikatif dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan tindakan yang mencerminkan sikap anak sesuai dengan tahap perkembangannya.
Hasil kegiatan pengembangan perangkat pembelajaran kompetensi keterampilan meliputi:
- Program tahunan dan kegiatan semester.
- Silabus
- RPP
- Buku yang dipakai guru dan siswa dalam pembelajaran.
- Kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
- Alat penilaian dan buku nilai untuk kompetensi keterampilan
- Perangkat pembelajaran guru yang disusun sesuai dengan tingkat kompetensi inti 4 (keterampilan) dan kompetensi dasar.
- Buku pelajaran
- Hasil kiprah intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
- Penilaian keterampilan berupa penilaian kinerja, proyek dan portofolio, berupa kegiatan pengamatan guru menyerupai menyanyi, bermain kiprah dan menari, atau produk siswa menyerupai poster, karangan, puisi, dan lain-lain
- Wawancara dengan guru kelas/mata pelajaran ihwal kompetensi inti keterampilan dan kompetensi dasar pada setiap mata pelajaran.
Instrumen Nomor 5 : Sekolah/madrasah berbagi perangkat Pendidikan Agama dan Budi Pekerti sesuai ruang lingkup materi pembelajaran pada setiap tingkat kelas.Perangkat pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dikembangkan sesuai tingkat kompetensi dan ruang lingkup materi pada setiap tingkat kelas.
Dibuktikan dengan Dokumen:
- Program tahunan dan kegiatan semester.
- Perangkat pembelajaran.
- Buku yang dipakai oleh guru Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
- Hasil kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di KKG ihwal kompetensi pengetahuan siswa.
- Wawancara terhadap minimal 3 siswa dari kelas yang berbeda.
RPP PAI SD Kurikulum 2013 Kelas 1,2,3,4,5 dan 6
Buku PAI Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Buku PAI Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Tema pada Pembelajaran Tematik Terpadu di SD/MI sebagai berikut :
Dibuktikan dengan Dokumen:
Tim Pengembang Kurikulum ialah tim yang bertugas antara lain berbagi kurikulum sekolah/madrasah. Keterlibatan Tim Pengembang Kurikulum dibuktikan dengan dokumen penugasan, info kegiatan dan notulen rapat, serta tanda tangan dari banyak sekali pihak yang terlibat; yaitu seluruh guru mata pelajaran, konselor (guru Bimbingan dan Konseling), dan komite sekolah/madrasah atau penyelenggara pendidikan.
Dibuktikan dengan :
Struktur Kurikulum SD
Struktur Kurikulum MI
Penugasan terstruktur ialah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh siswa yang dirancang oleh pendidik untuk mencapai standar kompetensi. Waktu penyelesaian penugasan terstruktur ditentukan oleh pendidik.
Kegiatan berdikari tidak terstruktur ialah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh siswa yang dirancang oleh pendidik untuk mencapai standar kompetensi. Waktu penyelesaiannya diatur sendiri oleh siswa.
Beban mencar ilmu penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri, paling banyak 40% dari waktu kegiatan tatap muka mata pelajaran yang bersangkutan
Dibuktikan dengan:
- RPP PAI KELAS 1 SD KURIKULUM 2013
- RPP PAI KELAS 2 SD KURIKULUM 2013
- RPP PAI KELAS 3 SD KURIKULUM 2013
- RPP PAI KELAS 4 SD KURIKULUM 2013
- RPP PAI KELAS 5 SD KURIKULUM 2013
- RPP PAI KELAS 6 SD KURIKULUM 2013
- Mari mencar ilmu Q.S Al Ma’un (Sementara belum Ada)
- Mari Mengenal Rasul Allah (Sementara belum Ada)
- Mari Hidup Sederhana dan Ikhlas (Sementara belum Ada)
- Indahnya shalat tarawih dan tadarus (Sementara belum Ada)
- Kisah keteladanan Luqman (Sementara belum Ada)
Buku PAI Kelas 6 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Buku PAI Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi 2018
Instrumen Nomor 6 : Sekolah/madrasah berbagi perangkat pembelajaran tematik terpadu sesuai tingkat kompetensi dan ruang lingkup materi pembelajaran pada setiap tingkat kelas
Kurikulum SD/MI (Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum) Pelaksanaan Kurikulum pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah dilakukan melalui pembelajaran dengan pendekatan tematik-terpadu dari Kelas I hingga Kelas VI. Mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dikecualikan untuk tidak memakai pembelajaran tematik-terpadu.
Tema pada Pembelajaran Tematik Terpadu di SD/MI sebagai berikut :
NO. | KELAS I | KELAS II | KELAS III | KELAS IV | KELAS V | KELAS VI |
1. | Diri Sendiri | Hidup Rukun | Sayangi Hewan dan Tumbuhan di Sekitar | Indahnya Kebersa-maan | Bermain dengan Benda-benda di sekitar | Selamat-kan makhluk hidup |
2. | Kegemaranku | Bermain di Lingkunganku | Pengalaman yang Mengesan-kan | Selalu Berhemat Energi | Peristiwa dalam Kehidupan | Persatuan dalam perbeda-an |
3. | Kegiatanku | Tugasku Sehari-hari | Mengenal Cuaca dan Musim | Peduli terhadap Makhluk Hidup | Hidup Rukun | Tokoh dan Penemu |
4. | Keluargaku | Aku dan Sekolahku | Ringan Sama Dijinjing Berat Sama Dipikul | Berbagai Pekerjaan | Sehat itu Penting | Globalisa-si |
5. | Pengalamanku | Hidup Bersih dan Sehat | Mari Kita Bermain dan Berolahraga | Menghargai Jasa Pahlawan | Bangga Sebagai Bangsa Indonesia | Wirausaha |
6. | Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri | Air, Bumi, dan Matahari | Indahnya Persahabat-an | Indahnya Negeriku | Kesehatan masyara-kat | |
7. | Benda, Binatang, dan Tanaman disekitarku | Merawat Hewan dan Tumbuhan | Mari KitaH emat Energi untuk Masa Depan | Cita-citaku | ||
8. | Peristiwa Alam | Keselamat-an di Rumah dan Perjalanan | Berperilaku Baik dalam Kehidupan Sehari-hari | Daerah Tempat Tinggalku | ||
9. | Menjaga Kelestarian Lingkungan | Makanan Sehatdan Bergizi |
Dibuktikan dengan Dokumen:
- Perangkat Pembelajaran Tematik Terpadu pada setiap kelas setiap semester.
- Silabus dan RPP Pembelajaran Tematik Terpadu pada semua tingkat kelas dan kesesuaiannya dengan buku guru dan buku siswa.
- Hasil kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di KKG ihwal kompetensi pengetahuan siswa.
- Wawancara dengan minimal tiga siswa dari kelas 4, 5, dan 6.
Instrumen Nomor 7 : Kepala sekolah/madrasah bersama guru berbagi kurikulum sesuai dengan pedoman pengembangan KTSP dengan melibatkan beberapa unsur: (1) pengawas sekolah/madrasah, (2) narasumber, (3) komite sekolah/madrasah, (4) penyelenggara forum pendidikan
Dibuktikan dengan :
- SK penetapan tim pengembang kurikulum sekolah/madrasah. DOWNLOAD DISINI
- Daftar hadir kegiatan pengembangan kurikulum.
- Daftar hadir narasumber.
- Berita kegiatan penetapan kurikulum.
- Notulen rapat pengembangan kurikulum
Instrumen Nomor 8 : Sekolah/madrasah menyusun KTSP yang meliputi: (1) visi, misi dan tujuan, (2) pengorganisasian muatan kurikuler, (3) pengaturan beban mencar ilmu siswa dan beban kerja guru (4) penyusunan kalender pendidikan, (5) penyusunan silabus muatan pelajaran, (6) penyusunan RPP
KTSP disusun mengacu pada Kerangka Dasar pada Standar Isi meliputi:
- Perumusan visi, misi, dan tujuan satuan Pendidikan.
- Pengorganisasian muatan kurikuler satuan Pendidikan.
- Pengaturan beban mencar ilmu siswa dan beban kerja guru pada tingkat kelas.
- Penyusunan kalender pendidikan satuan Pendidikan.
- Penyusunan silabus muatan atau mata pelajaran muatan local.
- Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran setiap muatan pembelajaran.
- Dokumen KTSP bab kerangka dasar sesuai dengan pedoman pengembangan KTSP.
- Dokumen silabus mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi pekerti, dan silabus mata pelajaran lainnya termasuk muatan lokal dalam bentuk soft copy atau hard copy.
Instrumen Nomor 9 : Sekolah/madrasah berbagi kurikulum sesuai dengan mekanisme operasional pengembangan KTSP yang meliputi tahapan berikut: (1) analisis, (2) penyusunan, (3) penetapan, (4) pengesahan
Prosedur operasional pengembangan KTSP meliputi:
- Analisis, mencakup:
- Analisis ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai Kurikulum.
- Analisis kebutuhan siswa, satuan pendidikan, dan lingkungan (analisis konteks).
- Analisis ketersediaan sumber daya pendidikan.
- Penyusunan, mencakup:
- Perumusan visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan.
- Pengorganisasian muatan kurikuler satuan pendidikan.
- Pengaturan beban mencar ilmu siswa dan beban kerja guru pada tingkat kelas.
- Penyusunan kalender pendidikan satuan pendidikan.
- Penyusunan silabus muatan atau mata pelajaran muatan lokal.
- Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran setiap muatan pembelajaran.
- Penetapan dilakukan kepala sekolah/madrasah menurut hasil rapat dewan pendidik satuan pendidikan dengan melibatkan komite sekolah/madrasah.
- Pengesahan dilakukan oleh pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya.
Instrumen Nomor 10 : Sekolah/madrasah melakukan kurikulum sesuai ketentuan: (1) mengikuti struktur kurikulum, (2) penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri, maksimal 40%, (3) beban kerja guru dan beban mencar ilmu siswa sesuai ketentuan, (4) mata pelajaran seni budaya dan prakarya diselenggarakan minimal dua aspek, (5) menyelenggarakan kegiatan pengembangan diri dan cara penilaiannya
Struktur Kurikulum MI
- Penugasan terstruktur
Kegiatan berdikari tidak terstruktur ialah kegiatan pembelajaran yang berupa pendalaman materi pembelajaran oleh siswa yang dirancang oleh pendidik untuk mencapai standar kompetensi. Waktu penyelesaiannya diatur sendiri oleh siswa.
Beban mencar ilmu penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri, paling banyak 40% dari waktu kegiatan tatap muka mata pelajaran yang bersangkutan
- Penambahan Beban Belajar
- Mata Pelajaran Seni Budaya, Prakarya, dan Kewirausahaan
- Kegiatan Pengembangan Diri
Dibuktikan dengan:
- Struktur kurikulum di sekolah/madrasah.
- Dokumen penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri.
- Jadwal pelajaran, daftar hadir, dan RPP.
- Hasil mencar ilmu seni budaya, prakarya, dan kewirausahaan.
- Laporan kegiatan pengembangan diri dan ekstrakurikuler
Kurang dan lebihnya mohon dimaafkan. Apabila ada kritik dan saran yang bersifat membangun silahkan disematkan di kolom komentar atau gabung ke FANSPAGE FACEBOOK .
Advertisement